Peluang Atau Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual Dan Gajinya

Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu jurusan yang ada di rumpun SOSHUM. Jurusan yang biasa dikenal dengan singkatan DKV ini biasanya menjadi bagian di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). DKV termasuk jurusan yang banyak dipilih dengan persaingan yang tinggi karena peluang atau prospek kerja Desain Komunikasi Visual memang cukup menjanjikan.

DKV jauh berbeda dengan ilmu komunikasi. Ilmu komunikasi mempelajari tentang media dan proses komunikasi. Sedangkan jurusan DKV merupakan cabang ilmu desain sehingga yang dipelajari adalah cara membuat desain visual yang komunikatif untuk mencapai tujuan tertentu.

Bagi Kamu lulusan Desain Komunikasi Visual yang bingung untuk memilih bidang pekerjaan yang sesuai, tidak usah khawatir, karena sebenarnya ada beberapa peluang atau prospek kerja Desain Komunikasi Visual yang bisa dicoba. Apa saja prospek kerjanya? Ini dia beberapa diantaranya :

1. Web Desainer

Jasa Web Desainer belakangan ini sangat populer. Kamu bisa bekerja menjadi seorang freelancer atau karyawan kantoran yang mengerjakan desain web. Banyaknya web online membuat bidang ini begitu populer.

Dengan bantuan seorang web desainer, para klien akan memiliki sebuah website sendiri dengan tampilan yang oke dan menarik. Gaji yang Kamu peroleh dari menjadi web desainer cukup menjanjikan, yaitu mulai dari Rp5.000.000 per bulan.

2. Visual Desainer

Yang kedua, lulusan DKV bisa menjadi seorang visual desainer. Bagi Kamu yang memiliki keahlian dalam visual desainer bisa memanfaatkan peluang ini. Visual desainer memiliki tugas kerja yang mirip dengan web desainer. Hanya saja, lingkup kerja visual desainer lebih luas dari sekedar mendesain web. Selain web, Kamu bisa bekerja mendesain untuk brand atau produk.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Desain Komunikasi Visual Bagi Yang Bingung

Dari profesi ini, penghasilan yang Kamu dapatkan sekitar Rp5.000.000 per bulan.

3. Graphic Designer

Peluang atau prospek kerja Desain Komunikasi Visual berikutnya adalah menjadi graphic designer. Tugas Kamu tidak jauh-jauh dari membuat desain grafis menggunakan aplikasi desain grafis yang ada.

Pendapatan yang bisa seorang graphic desainer dapatkan berkisar Rp5.000.000 per bulan sama dengan jenis kerja desain komunikasi visual lainnya. Kamu tertarik mencobanya?

4. Ilustrator

Yang keempat, Kamu bisa berkarir sebagai ilustrator. Jasa seorang ilustrator juga memegang peranan yang amat penting. Dengan bantuan seorang ilustrator kita akan mudah melihat ilustrasi sebuah rancangan. Kamu bisa menjadi ilustrator buku atau ilustrator di perusahaan media. Dari profesi ini, setidaknya Kamu akan meraih penghasilan mulai dari Rp4.500.000 per bulan.

5. Creative Director

Yang kelima, Kamu bisa berkarir sebagai creative director. Tugas Creative Director ini seperti seorang pengarah yang mengarahkan karyawannya agar dapat memenuhi target serta kriteria yang diberikan oleh konsumennya. Dengan kata lain, tugas Kamu adalah memimpin sebuah tim divisi kreatif. Gaji yang diperoleh seorang creative director bisa mencapai Rp6.000.000 per bulan.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Desain Komunikasi Visual Untuk Jenjang S1

6. Art Director

Yang keenam, lulusan desain komunikasi visual bisa berkarir sebagai art director. Tugasnya yaitu sebagai pengarah di bidang kreatif. Kamu bisa berkarir di industri perfilman, periklanan, hingga seni teater. Gaji yang akan Kamu terima sekitar Rp4.000.000 per bulan.

7. Freelance Designer

Pekerjaan ini sangat cocok untuk Kamu yang memang tidak menyukai pekerjaan yang terikat oleh waktu. Selain Kamu dapat menyesuaikan jadwal kerja, penghasilan yang Kamu peroleh juga akan lebih tinggi dan bervariasi tergantung dari banyaknya job yang diterima dari klien. Jadi, semakin banyak job yang bisa Kamu terima dan selesaikan, semakin banyak pula penghasilan yang akan Kamu dapatkan.

Belakangan ini banyak perusahaan yang menyewa jasa dari seorang Freelance designer dalam rangka untuk penghematan biaya. Kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp4.000.000 per bulan.

8. Mobile Designer

Peluang atau prospek kerja Desain Komunikasi Visual berikutnya adalah menjadi mobile designer. Tugas Kamu bukan mendesain mobil atau bekerja sebagai seorang desainer yang berpindah-pindah tempat. Tugas mobile designer seperti web designer. Hanya saja, Kamu membuat desain tampilan web agar bisa sesuai dengan tampilan layar smartphone atau mobile phone.

Bekerja di bidang ini tentu akan membutuhkan keahlian yang mumpuni, terutama keahlian di bidang UI/UX design. Dari profesi ini, Kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp5.000.000 per bulan.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual Untuk Jenjang S1

9. Fotografer

Prospek kerja berikutnya adalah menjadi fotografer. Bagi Kamu lulusan DKV atau Desain komunikasi visual yang memang memiliki bakat tambahan di bidang fotografi, jadi seorang fotografer adalah pilihan yang bisa dicoba. Kamu dapat mengedit maupun memperindah hasil jepretan dengan ilmu yang didapatkan selama kuliah.

Profesi sebagai fotografer ini juga bisa Kamu jadikan sebagai profesi sampingan. Dari profesi ini, Kamu bisa memperoleh gaji sekitar Rp4.000.000 per bulan.

10. Animator

Yang terakhir, Kamu bisa berkarir sebagai seorang animator. Profesi sebagai animator bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Banyaknya kartun yang menjamur juga semakin membuka kesempatan bagi para animator muda untuk berkarya. Apalagi kartun adalah tontonan yang diminati dan disaksikan oleh banyak orang.

Menjadi seorang animator adalah salah satu pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Semakin populer animasi yang dibuat otomatis akan semakin tinggi bayarannya. Apalagi jika perhitungannya dilakukan per-detik. Paling tidak Kamu akan meraih sekitar 4 juta per bulan.

Nah, itulah 10 peluang atau prospek kerja Desain Komunikasi Visual lengkap dengan perkiraan gajinya yang bisa ditekuni oleh Kamu yang memiliki ijazah jurusan tersebut. Dunia yang semakin berkembang ke arah digital juga sangat mendukung sehingga membuka peluangmu lebih lebar lagi. Tidak hanya menjadi karyawan tetap di suatu perusahaan, Kamu juga bisa berkarir di bidang ini dengan status pekerja lepas atau freelance.