Peluang Atau Prospek Kerja Administrasi

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Administrasi Dan Gajinya

Mahasiswa dari berbagai jurusan perkuliahan pasti sering mendapat pertanyaan terkait peluang karir setelah lulus nanti. Termasuk juga Kamu yang mengambil jurusan administrasi. Peluang atau prospek kerja administrasi sebenarnya sangat luas dan beragam. Kesempatannya semakin terbuka lebar jika Kamu menguasai kemampuan tertentu, baik soft skill atau hard skill.

Untuk Kamu yang sedang mencari tahu peluang atau prospek kerja administrasi, berikut ini ada 10 pilihan karir yang bisa Kamu pilih setelah lulus nanti.

1. Sekretaris

Prospek karir yang pertama adalah menjadi sekretaris di kantor. Tugasnya adalah mengurusi segala hal kantor dan juga atasan, mulai dari surat menyurat, rapat, dan sebagainya. Gaji : rata-rata Rp6jutaan per bulan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Administrasi Sebagai Pilihan Saat Kuliah

2. Tenaga Administrasi

Kamu juga bisa menjadi seorang tenaga administrasi. Tugasnya hampir sama dengan tugas sekretaris, mulai dari mengurusi administrasi, surat menyurat, hingga membuat agenda dan menyebarluaskannya. Gaji : mulai Rp2.5juta per bulan.

3. Pengusaha

Peluang atau prospek kerja administrasi berikutnya adalah menjadi pengusaha. Ilmu yang Kamu dapatkan selama menjalani perkuliahan di jurusan ini bisa Kamu gunakan untuk mengurusi bisnis atau usaha yang Kamu miliki. Gaji : tergantung omset penjualan.

4. Staf Pajak

Kalau Kamu mahasiswa prodi administrasi fiskal, Kamu bisa berkarir sebagai staff pajak. Kemampuan Kamu sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengatur segala hal terkait pajak. Gaji : mulai dari Rp3.5juta per bulan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Administrasi Sebagai Pilihan Saat Kuliah

5. PNS

Lulusan dari jurusan administrasi memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi PNS atau ASN. Kamu sudah terbiasa mengurusi birokrasi dan administrasi sehingga tidak akan kaget ketika masuk ke pemerintahan. Gaji : rata-rata Rp5juta per bulan.

6. Tenaga Pengajar

Kamu yang tertarik dengan dunia pendidikan, bisa berkarir sebagai tenaga pengajar, seperti guru atau dosen. Gaji : rata-rata Rp4juta per bulan.

7. Anggota Partai Politik

Pernahkah terpikir untuk menjadi anggota partai politik? Yap, Kamu bisa berpartisipasi secara aktif di bidang politik dengan menjadi anggota parpol. Gaji : ada yang bersifat sukarela, ada juga yang digaji sekitar Rp5juta per bulan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Administrasi Sebagai Pilihan Saat Kuliah

8. Peneliti

Peluang atau prospek kerja administrasi berikutnya adalah menjadi peneliti atau asisten peneliti. Kamu bisa bekerja di lembaga riset dan menjadi peneliti di lembaga tersebut. Gaji : rata-rata Rp5juta per bulan.

9. Jurnalis

Selanjutnya, Kamu juga bisa berkarir sebagai seorang jurnalis. Untuk berkarir menjadi jurnalis, Kamu perlu memiliki kemampuan menulis dan mengolah data menjadi sebuah berita yang layak tayang. Gaji : sekitar Rp3.5juta per bulan.

10. Staf Personalia

Lulusan administrasi juga bisa menjadi staf personalia, terutama untuk Kamu yang mengambil prodi administrasi perkantoran. Gaji : mulai dari Rp3.5juta per bulan

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Administrasi Sebagai Pilihan Saat Kuliah

Nah, itulah 10 peluang atau prospek kerja administrasi dan gajinya. Kamu bisa memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan jurusan Kamu ataupun yang berbeda jurusan sama sekali. Selama Kamu memiliki kemampuan dibidang tersebut, hal ini tidak menjadi masalah.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *