Motivasi Ikut OSIS

Image: canva.com

10 Motivasi Ikut OSIS Agar Lebih Yakin Berorganisasi

Bagi Kamu yang ada di SMP dan SMA, pasti familiar dengan namanya OSIS. Begitu tahun ajaran baru dimulai, rekrutmen pengurus OSIS akan diselenggarakan dan pelamarnya pun cukup banyak. Tentunya, bukan sembarang orang yang bisa melewati seleksi organisasi satu ini. Lalu agar berhasil, apa sih motivasi ikut Osis? Yuk, simak beberapa jawabannya ya!

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau disingkat OSIS merupakan organisasi populer di masing-masing sekolah. Para pengurusnya dipilih oleh berbagai guru pembimbing yang sudah ditunjuk sesuai kebijakan sekolah. Selain para anggotanya nanti populer, ada beberapa motivasi ikut OSIS yang biasanya dimiliki anak, yakni :

Baca Juga:  Contoh Visi Misi OSIS Jika Kamu Ingin Daftar Jadi Salah Satu Anggotanya

1. Menambah Pengalaman

Salah satu motivasi gabung organisasi ini tentu saja untuk menambah pengalaman. OSIS akan memberimu banyak hal untuk dipelajari yang tidak akan bisa Kamu dapat di luar sana jika tidak ikut kegiatan ini.

2. Melatih Keberanian

Selain mendapat banyak pengalaman, menjadi OSIS juga dapat melatih keberanian di banyak hal.

3. Melatih Kerjasama

Menjadi pengurus OSIS juga dapat membantumu melatih kerjasama dengan banyak orang karena Kamu akan berhubungan langsung dalam mengurus berbagai kegiatan.

4. Melatih Keterampilan

OSIS juga butuh keterampilan yang baik, misalnya dalam komunikasi, mengatur jadwal, hingga menjalankan sebuah acara.

Baca Juga:  Contoh Program Kerja OSIS SMP, SMA, dan SMK Lengkap Nih!

5. Menyalurkan Ide Kreatif

Banyak kegiatan diselenggarakan OSIS yang membutuhkan ide kreatif. Maka, Kamu disana juga untuk menyalurkan ide dan belajar menyatukan pemikiran.

6. Membentuk Karakter Positif

Mereka yang masuk OSIS adalah anak-anak terpilih yang tentunya berkarakter baik dan memiliki sikap positif yang patut dicontoh siswa lain. Dengan bergaul bersama mereka, maka Kamu bisa ikut tertular sifat positif dan menjadi anak yang berkarakter baik.

7. Melatih Tanggung Jawab Dan Disiplin

Menjalankan berbagai tugas yang diemban dalam masa kerja OSIS tentu dapat melatih Kamu untuk memiliki rasa bertanggung jawab dan juga rasa disiplin terhadap tugas dan deadline.

Baca Juga:  Pengertian OSIS, Fungsi OSIS, Tujuan OSIS, Dan Tugas OSIS

8. Mengisi Waktu dengan Hal Bermanfaat

Banyak kegiatan bermanfaat yang diselenggarakan OSIS, misalnya kompetisi Futsal, Pengajian, hingga Acara Musik. Semua acara tersebut tentu positif dan mendapat persetujuan dari sekolah. Bukankah lebih baik mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat seperti itu daripada hanya sekedar sekolah dan nongkrong tidak jelas?

9. Untuk Isian CV

Jangan salah kira OSIS tidak berguna. Pengalamanmu sebagai pengurus bisa dimasukkan dalam CV yang nantinya akan berguna untuk Kamu melamar kerja atau magang. Biasanya perusahaan akan mempertimbangkan pengalaman yang dimiliki oleh pelamar kerja.

Baca Juga:  10 Manfaat Menjadi Pengurus OSIS Yang Perlu Kamu Tau

10. Mencari Relasi

Masuk OSIS mau tidak mau memaksamu mengenal banyak orang. Jika sudah begitu, maka Kamu akan mempunyai banyak relasi yang berguna juga untuk masa depan.

Demikian ulasan tentang 10 motivasi ikut OSIS agar Kamu semakin yakin ikut organisasi satu ini. Semoga ulasannya bermanfaat ya buat Kamu!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *