Manfaat Merantau Saat Kuliah

Image: canva.com

10 Manfaat Merantau Saat Kuliah Yang Perlu Kamu Tau

Bagi anak muda yang tinggal di daerah pedesaan atau wilayah perbatasan, menikmati pendidikan tinggi di kota besar merupakan kenikmatan tersendiri. Kamu wajib mempersiapkan diri untuk merantau ke kota besar yang menjadi tempat mengemban ilmu selama beberapa tahun kedepan. Segala manfaat merantau saat kuliah bisa memberikan pengalaman berharga untuk kehidupanmu antara lain:

1. Menjadi Pribadi Yang Lebih Mandiri

Jauh dari orangtua akan membuat Kamu menjadi pribadi yang lebih mandiri. Kamu harus siap melakukan segala hal sendiri tanpa bantuan orang lain.

Baca Juga:  10 Daftar Kebutuhan Mahasiswa Yang Perlu Kamu Tau Saat Kuliah Nanti

2. Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Meskipun orang tua berada jauh dari Kamu sekarang, bukan berarti Kamu lepas dari pengawasan dan bisa melakukan segala hal secara bebas. Merantau akan membuat Kamu menjadi pribadi yang penuh rasa tanggung jawab. Kamu wajib bertanggung jawab pada diri sendiri mengenai tugas utama untuk belajar dengan baik. Tanggung jawab akan membuat Kamu selalu menjaga kehormatan diri sebaik mungkin.

3. Belajar Hemat

Orangtua akan memberikan jatah bulanan untukmu yang harus bisa diatur dengan baik. Kalau Kamu suka jajan atau nongkrong, siap-siap saja hidup sederhana pada akhir bulan. Setidaknya Kamu harus berpikir dua kali saat ingin foya-foya. Kamu akan belajar menghemat biaya bulanan agar bisa bertahan di tanah perantauan.

Baca Juga:  10 Persiapan Kuliah Bagi Kamu Yang Sudah Mau Jadi Mahasiswa

4. Mampu Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru

Kota baru, suasana, budaya, lingkungan, dan lain-lain membuat Kamu menjadi pribadi yang belajar beradaptasi. Ada banyak hal, wawasan dan pengalaman yang akan membuat Kamu menjadi pribadi lebih baik. Kamu akan belajar menghargai dan bertoleransi tinggi.

5. Memiliki Teman Seperjuangan Dari Daerah Lain

Manfaat merantau saat kuliah akan membuat Kamu memiliki teman seperjuangan dari daerah lain. Kamu bisa menemukan teman sejati yang akan setia menemani saat suka dan duka.

Baca Juga:  10 Barang Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Saat Sudah Kuliah

6. Memiliki Keluarga Dan Teman-Teman Baru

Selain teman di kost, Kamu akan memiliki keluarga atau teman-teman baru di kampus. Kamu akan merasa lebih bahagia saat memiliki keluarga kedua selain keluarga kandung di kampung.

7. Memiliki Prioritas Kehidupan

Sebagai seorang mahasiswa, Kamu akan menjadi pribadi yang memiliki prioritas kehidupan. Kamu memiliki kewajiban untuk menyelesaikan studi tepat pada waktunya. Prioritas akan membantu Kamu untuk selalu mengutamakan belajar lebih baik lagi.

8. Menjadi Pribadi Yang Lebih Dewasa

Rindu pada keluarga dan kampung halaman sudah pasti terjadi pada orang yang merantau. Namun, Kamu tidak mungkin menangis atau sedih berlarut-larut hanya karena rasa rindu. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam menyikapi masalah. Percayalah, merantau akan membuat Kamu selalu mencari solusi dari masalah yang dihadapi.

Baca Juga:  Apa Saja Yang Dilakukan Saat Kuliah? 10 Hal Berikut Perlu Kamu Tau!

9. Berani Mengambil Risiko

Mungkin Kamu kurang berani mengambil risiko saat tinggal bersama orangtua. Dengan merantau, Kamu menjadi pribadi yang lebih matang sebab berani mengambil risiko. Pertimbangan risiko membuat Kamu menjadi pribadi yang berani dan berpikir jauh kedepan.

10. Menjadi Lebih Kreatif

Uang saku dari orangtua sudah habis sebelum akhir bulan? Duh, Kamu pasti bisa kelabakan untuk membiayai kebutuhan makan, transportasi, pulsa, dan lain-lain. Merantau saat kuliah bisa membuat Kamu menjadi pribadi lebih kreatif. Kamu bisa mencari penghasilan sampingan dengan usaha atau kerja paruh waktu.

Baca Juga:  Jangan Takut Untuk Jadi Anak Rantau Saat Kuliah Nanti!

Nah, apakah Kamu masih ragu kuliah di luar kota? Pertimbangkan 10 manfaat merantau saat kuliah di atas, ya!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *