Jurusan Teknik Elektro Terbaik Di Indonesia

Image: canva.com

10 Jurusan Teknik Elektro Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

Jurusan teknik elektro merupakan salah satu jurusan yang sudah cukup lama diselenggarakan di perguruan tinggi. Hingga kini jurusan teknik elektro masih selalu memiliki banyak peminat setiap tahunnya. Bagi Kamu yang sedang merencanakan untuk melanjutkan kuliah di jurusan ini, berikut 10 kampus dengan jurusan teknik elektro terbaik di Indonesia yang bisa menambah referensi Kamu.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan teknik elektro di Institut Teknologi Bandung sudah dibuka sejak tahun 1942. Di jurusan ini Kamu akan mempelajari pengetahuan teknis, keterampilan laboratorium, keterampilan berkomunikasi, serta persiapan profesi.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Teknik Elektro Untuk Jenjang S1

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Program studi teknik elektro di Universitas Gadjah Mada merupakan bagian dari departemen teknik elektro dan teknologi informasi. Jurusan ini juga telah memiliki akreditasi dalam level internasional.

3. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Departemen teknik elektro merupakan salah satu departemen terbesar di Institut Teknologi Sepuluh November. Setiap tahunnya, teknik elektro ITS menerima 150 mahasiswa dari total sekitar 5000 orang yang mendaftar.

4. Universitas Indonesia (UI)

Departemen teknik elektro berada di bawah fakultas teknik dan sudah berdiri sejak tahun 1964. Ada lima peminatan di jurusan ini, yaitu teknik elektronika, teknik listrik, teknik kontrol, teknik komputer, dan teknik telekomunikasi.

Baca Juga:  10 Jurusan Teknik Informatika Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

5. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jurusan teknik elektro terbaik di Indonesia selanjutnya berada di Universitas Diponegoro. Jurusan ini telah menyandang predikat akreditasi A dari BAN-PT dan telah tersertifikasi TUV Rheinland.

6. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Program studi teknik elektro di Universitas Hasanuddin berada di bawah fakultas teknik. Program studi ini sudah berdiri sejak tahun 1995 dan memiliki tiga konsentrasi, yaitu teknik telekomunikasi, teknik energi listrik, serta teknik komputer, kendali, dan elektronika.

7. Universitas Brawijaya (UB)

Jurusan teknik elektro di Universitas Brawijaya sudah berdiri sejak tahun 1978. Jurusan ini memiliki motto “do the best with spirit and integrity” dan memiliki visi untuk meluluskan sarjana teknik elektro yang unggul di Asia.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Elektro Bagi yang Bingung Kuliah Apa

8. Universitas Andalas (UNAND)

Program studi teknik elektro di Universitas Andalas telah menyandang akreditasi level internasional yang diperoleh dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education atau IABEE. Jurusan ini sudah berdiri sejak tahun 1991.

9. Universitas Sumatera Utara (USU)

Program studi teknik elektro di Universitas Sumatera Utara berdiri sejak tahun 1965. Program studi ini telah menyandang predikat akreditasi A dan berada di bawah fakultas teknik.

10. Universitas Telkom (Tel-U)

Fakultas teknik elektro di Universitas Telkom berdiri pada tahun 1990 dan memiliki 5 program studi. Fakultas ini juga memiliki 6 kelompok keahlian dan difasilitasi 17 laboratorium & research group.

Baca Juga:  10 Jurusan Agribisnis Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

Itulah 10 kampus dengan jurusan teknik elektro terbaik di Indonesia yang bisa Kamu jadikan referensi dalam memilih universitas. Semoga ulasannya ini bisa bermanfaat ya buat Kamu yang sedang cari-cari kampus terbaik untuk kuliah jurusan teknik elektro!