Contoh Wiraswasta Dan Wirausaha

Image: canva.com

10 Contoh Wiraswasta Dan Wirausaha Yang Bisa Dijadikan Referensi

Ada banyak sekali jenis usaha yang dapat dijadikan contoh wiraswasta dan wirausaha. Kamu bisa memilih salah satu jenis usaha yang sesuai dengan keinginan juga passion. Berikut ada beberapa jenis usaha yang bisa Kamu pertimbangkan sebagai contoh bisnis di masa depan:

Wiraswasta

Bisnis wiraswasta biasanya mengacu pada jenis usaha independen dan dilakukan dalam ruang lingkup lebih kecil. Jenis usaha ini lebih banyak mengembangkan dari usaha yang sudah ada. Beberapa contoh bisnis wiraswasta adalah sebagai berikut:

1. Jasa Laundry

Usaha laundry merupakan salah satu jenis wiraswasta yang cukup menghasilkan. Membuka jasa laundry tidak memerlukan modal terlalu besar untuk usaha skala kecil.

Baca Juga:  Apa Bedanya Wirausaha Dan Wiraswasta? Berikut 10 Hal Penjelasannya

2. Jasa Cuci Motor/Mobil

Jasa pencucian motor atau mobil juga merupakan bisnis yang menjanjikan dan dapat bertahan di berbagai situasi ekonom. Banyaknya kendaraan bermotor di Indonesia membuat usaha ini dapat bertahan dengan baik.

3. Menjual Produk Makanan

Bisnis makanan merupakan jenis usaha yang tidak ada matinya. Kamu bisa menjual berbagai jenis makanan atau minuman yang sedang laku di masyarakat.

4. Menjual Pakaian Wanita

Kebutuhan akan sandang merupakan kebutuhan primer. Terutama kaum wanita suka membeli pakaian apalagi jika ada momen tertentu atau sedang ada tren pakaian baru.

Baca Juga:  Apa Itu Wiraswasta? Apa Ciri-Cirinya Dan Seperti Apa Contoh?

5. Membuka Jasa Fotografi

Jasa fotografi bukan hanya tentang membuka layanan foto saja, tapi juga pengeditan foto, cetak foto melalui handphone, dan berbagai jasa lainnya. Cukup banyak jenis pekerjaan dalam ruang lingkup ini dan tentunya akan memberikan profit lebih besar.

Wirausaha

Ada perbedaan antara contoh wiraswasta dan wirausaha, apabila wiraswasta ke usaha sampingan individu, maka wirausaha merupakan jenis bisnis yang dikelola secara purna waktu dalam membuat sebuah produk atau inovasi baru. Contohnya adalah:

1. Salon Kecantikan

Di zaman sekarang bukan hanya kaum hawa yang menjaga penampilannya, banyak juga kaum lelaki yang peduli dengan penampilan. Bisnis usaha kecantikan sangat menjanjikan. Bahkan bisa dikembangkan menjadi bisnis tata rias pengantin dan fotografi juga.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Wirausaha Sebagai Pilihan Karir

2. Wedding Organizer

Pernikahan merupakan salah satu momen yang sangat bersejarah. Banyak orang menginginkan momen ini menjadi spesial. Oleh sebab itu, bisnis menjadi perencana acara resepsi pernikahan dangan menjanjikan. Bisnis wirausaha satu ini memiliki ruang lingkup yang besar, bisa mencakup aspek yang dibutuhkan dalam sebuah resepsi.

3. Usaha Katering

Wirausaha kuliner memang selalu menjanjikan. Dalam wirausaha banyak sudah contoh sukse pengusaha katering. Banyak ide yang bisa dikembangkan mulai dari katering kantoran, katering anak sekolah, hingga katering diet.

4. Pembuatan Souvenir

Baca Juga:  Apa Itu Wirausaha? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Wirausaha

Bisnis wirausaha ini sangat cocok untuk Kamu yang tinggal di wilayah pariwisata. Buatlah berbagai souvenir khas dan pasarkan di toko ditambah pemasaran online juga.

5. Usaha Pembuatan Es Krim

Olahan susu berupa es krim sangat laku di pasaran, Kamu bisa mencoba berbisnis pembuatan es krim dengan membuat produk-produk es krim baru setelah menganalisa keinginan pasar.

Ada banyak sekali contoh wiraswasta dan wirausaha yang bisa dijadikan pelajaran bagi Kamu yang mau memulai usaha. Tinggal memilih jenis usaha yang sesuai dengan keinginan dan gaya Kamu.