Cara Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja SMK

Image: canva.com

10 Cara Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja SMK Dengan Cepat

SMK umumnya lebih diminati oleh mereka yang mungkin memiliki keterbatasan biaya untuk berkuliah. Namun untuk terjun di dunia kerja, hal pertama yang harus Kamu lakukan tentu saja mencari informasi lowongan kerja. Berikut adalah 10 cara yang bisa Kamu lakukan untuk mendapat informasi lowongan kerja SMK dengan cepat.

1. Tidak Malu Bertanya pada Alumni

Selama tiga tahun sekolah, tentu saja Kamu kenal dengan kakak kelas di sekolahmu, bukan? Jika Kamu akrab dengan kakak kelas di sekolah, hal itu bisa Kamu manfaatkan untuk mencari informasi lowongan kerja. Terlebih jika mereka sudah bekerja, peluang kakak kelas yang sudah jadi alumni untuk mendapatkan info lowongan di tempat kerjanya.

2. Rajin Mendatangi Job Fair

Di job fair, ada berbagai macam perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan. Jadi untuk Kamu lulusan SMK, jangan segan mendatangi job fair ini untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat. Jangan lupa juga untuk membawa surat lamaran pekerjaan sebanyak mungkin.

Baca Juga:  10 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Fresh Graduate Semua Jurusan

3. Bergabung Di Grup Lowongan Kerja

Grup-grup lowongan kerja mulai banyak di media sosial, misalnya Facebook. Sesuai dengan namanya, anggota grup tentu saling berbagi informasi lowongan kerja. Dengan begitu, Kamu bisa dengan lebih mudah menemukan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensimu.

4. Mengunduh Aplikasi Lowongan Kerja

Android yang Kamu miliki juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi lowongan kerja. Salah satu caranya dengan mengunduh aplikasi lowongan kerja di playstore. Namun jangan asal unduh ya, tentunya unduh aplikasi yang terpercaya dan selalu memperbarui informasinya.

5. Memanfaatkan Internet

Di internet tentu banyak info mengenai lowongan kerja SMK. Tapi jangan lupa untuk cek ke website resmi dari perusahaan yang menawarkan lowongan tersebut ya. Sebab bisa saja informasi lowongan itu adalah hoax yang justru merugikan Kamu.

Baca Juga:  10 Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Anak SMK Setelah Lulus Sekolah

6. Mengikuti Walk In Interview

Walk in Interview adalah lamaran kerja di suatu perusahaan yang langsung interview saat itu juga. Contohnya sebuah perusahaan membuka Walk in Interview pada tanggal 14 Desember 2018 pukul 09.00 WIB, jadi datanglah pada hari dan jam itu dengan membawa berkas lamaran lengkap.

7. Mengikuti Bursa Kerja Legal

Beruntunglah jika Kamu tinggal di tempat yang cukup dekat dengan bursa kerja, seperti Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kemenakertrans). Jika Kemnakertrans membuka bursa kerja, maka Kamu bisa mendatanginya untuk mendapat informasi lowongan kerja.

8. Tidak Berhenti Mencari Sampai Dapat

Mencari lowongan kerja yang cocok memang tidak mudah. Jika Anda belum menemukan yang cocok, maka jangan mudah menyerah begitu saja sampai dapat.

Baca Juga:  Pekerjaan Lulusan SMK Yang Bebas Untuk Semua Jurusan, Ada 10 Jenis!

9. Rajin Mengirimkan CV Ke Lowongan Kerja

Kalau Kamu sudah menemukan lowongan yang dirasa cocok, maka selanjutnya adalah mengirim berkas lamaran kerja, kemudian menunggu kabar dari salah satu perusahaan. Jangan lupa untuk melengkapi CV dengan persyaratan tambahan yang diminta perusahaan ya.

10. Menghadiri Semua Panggilan Kerja

Jika Kamu sudah mendapat panggilan kerja, maka manfaatkan momen tersebut sebaik mungkin ya. Sebab belum tentu panggilan kerja itu akan datang kedua kalinya.

Itulah 10 cara yang bisa Kamu lakukan untuk mendapatkan informasi lowongan kerja SMK dengan cepat. Selamat berjuang!