Cara Mendapatkan Beasiswa SMA

Image: canva.com

10 Cara Mendapatkan Beasiswa SMA Agar Bisa Sekolah Gratis

Dewasa ini, pemerintah menggalakkan program belajar 12 tahun untuk seluruh pelajar di Indonesia. Bantuan beasiswa untuk pelajar yang tidak mampu menjadi prioritas utama. Tidak ada alasan untuk berhenti belajar sejak dini dengan alasan ekonomi, ya! Kalau Kamu ingin mendapatkan beasiswa di bangku SMA, sebaiknya ketahui cara mendapatkan beasiswa SMA atau sekolah gratis.

Beasiswa SMA penuh atau tunai bisa meringankan beban keluarga yang tidak mampu dalam menyekolahkan anak-anak mereka. Kamu bisa mendapatkan pendidikan gratis tanpa membebani orangtua, bukan? Berikut 10 cara mendapatkan beasiswa SMA yang bisa Kamu jadikan referensi yaitu :

Baca Juga:  10 Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri Yang Perlu Kamu Tau

1. Mempersiapkan Diri Dengan Baik

Jika Kamu memang ingin mendapatkan beasiswa gratis, persiapkan diri sejak awal dengan memiliki prestasi. Tidak hanya akademik, Kamu wajib mengembangkan potensi non akademik yang berguna kelak.

2. Mencari Tahu Informasi Tentang Beasiswa

Ketahui informasi beasiswa SMA gratis lewat media apa saja baik internet, media sosial, media cetak atau papan pengumuman di sekolah.

3. Ketahui Lembaga Pemberi Beasiswa Dari Pemerintah

Lembaga pemerintah terus menggalakkan pendidikan gratis untuk anak tidak mampu di Indonesia. Kamu wajib tahu program beasiswa yang diberikan, misalnya Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Selain itu, pemerintah memberikan keringanan biaya untuk anak tidak mampu selama memenuhi persyaratan sejak masuk ke sekolah.

Baca Juga:  10 Daftar Pertanyaan Wawancara Beasiswa Yang Umum Ditanyakan

4. Ketahui Pemberi Beasiswa Dari Institusi Pendidikan Atau Swasta

Ada banyak institusi pendidikan atau pihak swasta yang memberikan beasiswa SMA gratis untuk Kamu. Ada pula jenis program beasiswa yang terikat atau Kamu harus bekerja di pihak swasta yang memberikan beasiswa setelah lulus SMA nanti.

5. Mengetahui Syarat Pendaftaran Beasiswa

Ketahui syarat pendaftaran yang diajukan sebelum memasukkan lamaran Kamu, ya! Jika pemberi beasiswa menuntut siswa cerdas dengan nilai diatas 85, maka pastikan Kamu memang memenuhi syarat.

6. Membuat Resume Atau Esai Yang Dibutuhkan

Baca Juga:  Ciri-Ciri Beasiswa Palsu, Jangan Sampai Tertipu!

Ada beberapa instansi yang menyediakan beasiswa meminta resume atau esai bukan sekadar nilai rapor saja. Sebaiknya Kamu membuat resume atau esai yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan pemberi beasiswa. Gunakan bahasa yang menarik, sopan, sesuai kaidah penulisan, dan kreatif.

7. Mempersiapkan Tes Atau Wawancara

Hal ini berlaku untuk Kamu yang ingin mendapatkan beasiswa SMA bergengsi lewat sesi seleksi yang ketat. Jika perlu melakukan tes dan wawancara, pastikan Kamu menyiapkan diri sebaik mungkin. Latih kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri sebaik mungkin.

Baca Juga:  10 Tips Lolos Interview Beasiswa Yang Perlu Kamu Tau

8. Memastikan Diri Memenuhi Kriteria Penerima Beasiswa

Kamu bisa melamar beasiswa ke beberapa tempat, namun pastikan diri memang memenuhi kriteria yang diinginkan pemberi beasiswa.

9. Gigih Dan Tidak Gampang Menyerah

Perlu sikap gigih dan tidak gampang menyerah saat Kamu mengajukan beasiswa. Ada ratusan hingga ribuan pelamar yang mungkin menginginkan beasiswa yang sama. Jika Kamu gagal mendapatkan salah satu beasiswa, maka coba peluang lain.

10. Bisa Mengajukan Diri Menjadi Anak Asuh

Banyak orangtua asuh yang memberikan beasiswa SMA gratis kepada anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Jika ada informasi bermanfaat ini, sebaiknya Kamu tidak melewatkannya begitu saja.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Beasiswa Agar Kuliah Bisa Gratis, Ada 10 Langkah

Yuk, coba cara mendapatkan beasiswa SMA gratis untuk masa depanmu lebih baik!