Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Image: canva.com

10 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak Untuk Pemula

Di zaman modern seperti sekarang ini banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang ingin fasih berbahasa Inggris. Mungkin karena tuntutan pekerjaan, mengejar beasiswa, atau bahkan hanya ingin sekedar untuk pergaulan saja. Terdapat sekian cara cepat belajar bahasa Inggris yang dapat Kamu terapkan. Diantaranya mulai dari mengikuti kursus bahasa Inggris.

Sebenarnya mempelajari suatu bahasa yang baru tidaklah sulit. Sebagai kuncinya harus benar-benar memahami metode apa yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sebab setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Bagi Kamu yang pertama kali belajar bahasa Inggris pasti bingung. Akan dimulai darimana belajarnya?. Pertanyaan yang umumnya diutarakan ketika ingin memulai sesuatu yang asing. Berikut akan diuraikan 10 cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak untuk pemula.

1. Diawali Dengan Hal Yang Mendasar

Memulai dari yang paling dasar adalah suatu hal yang wajib dilakukan ketika akan mempelajari suatu ilmu pengetahuan. Entah ilmu apapun itu mulailah dari yang paling dasar. Dalam bahasa Inggris hal yang mendasar adalah penguasaan tenses. Kemudian verb, adverb, adjective, noun dan pronoun, clause, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Inggris Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

2. Mengubah Kebiasaan

Langkah awal yang wajib dilakukan agar cepat memahami bahasa Inggris adalah mengubah kebiasaan atau hobi. Sebisa mungkin rubahlah kebiasaanmu. Seperti halnya mengganti musik-musik yang dengarkan dengan musik berbahasa Inggris. Dengan demikian Kamu akan berusaha menterjemahkan lirik dan menentukan dimana posisi grammar yang sesuai dengan lirik lagu.

3. Berlatih Secara Rutin
Dengan membiasakan atau melakukan praktek secara langsung maka akan mudah terserap. Tenang saja, jika tidak ada lawan bicara Kamu bisa melakukannya sendiri kok. Saat melakukan kegiatan sehari-hari usahakan menggunakan bahasa Inggris.

4. Menyusun Target Belajar

Membuat schedule atau target pembelajaran pada tiap minggu bertujuan untuk mengukur sampai dimana kemampuan yang sudah Kamu miliki. Tapi ingat, jangan dipaksakan. Semampunya saja, misalnya pada minggu pertama ditarget 100 kosa kata. Kemudian minggu selanjutnya semakin bertambah.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Inggris Untuk Jenjang S1

5. Membaca Buku Percakapan Bahasa Inggris

Usahakan sesering mungin membaca buku-buku atau majalah yang berisi percakapan bahasa Inggris. Dengan demikian, akan semakin terbiasa kata-kata apa yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

6. Menghindari Hal-Hal Yang Kompleks

Jika Kamu seorang pemula, sangat penting untuk menghindari hal yang rumit seperti halnya bahasa pasaran. Sebab pada bagian tersebut merupakan hal yang rumit bagi pemula. Supaya rasa bosan dan jenuh tidak datang.

7. Menguasai Frasa

Setelah beberapa vocab berhasil dihafalkan. Langkah selanjutnya adalah mulai menyusun kalimat berdasarkan vocab yang sudah dihafalkan. Dengan demikian hafalan dan kelancaran grammar akan terakselerasi dengan baik.

8. Perbanyak Menghafal

Walaupun dituntut untuk memperbanyak hafalan namun jangan dipaksakan. Menghafal vocab dapat dilakukan dengan santai. Misalnya menghafal vocan yang ada dalam lagu yang disukai. Atau hal-hal yang beada di sekitar yang bisa dijangkau.

Baca Juga :  10 Jurusan Tanpa Mata Kuliah Bahasa Inggris Yang Bisa Kamu Pilih

9. Melakukan Latihan Listening

Tidak sedikit orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris sangat bagus secara teori. Namun disisi lain ia kurang pada kemampuan listeningnya. Hal ini terjadi karena hanya mempelajari secara teori saja tanpa adanya praktek. Membiasakan diri mendengarkan pronounce adalah cara cepat belajar bahasa Ingris.

10. Memaksimalkan Jam Belajar

Para ahli bahasa menyebutkan bahwa, bagi mereka yang ingin mempelajari bahasa asing sebaiknya belajar selama 400-1500 jam pelajaran. Hal ini disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan kemampuan.

Semoga uraian mengenai cara cepat belajar bahasa Inggris diatas dapat membantu Kamu dalam proses belajar. Namun, perlu diingat bahwa kemampuan yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Untuk itu, Kamu harus menentukan metode mana yang sesuai dengan diri Kamu. Semoga bermanfaat!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *