Alasan Memilih Menjadi Wartawan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Menjadi Wartawan Sebagai Pilihan Yang Tepat

Bagi sebagian orang, profesi wartawan adalah profesi yang berat. Mereka harus siap diterjunkan di semua situasi dan kondisi. Fisik dan mental yang kuat adalah bekal yang harus dimiliki. Namun nyatanya, profesi ini tidak semenakutkan itu. Ada banyak sisi baik yang harus Kamu lihat. Di bawah ini adalah 10 alasan memilih menjadi wartawan sebagai pilihan karir yang tepat.

1. Jalan-Jalan Gratis

Menjadi wartawan memungkinkan Kamu untuk jalan-jalan kemanapun secara gratis. Tentu saja tujuannya untuk liputan. Walaupun jalan-jalannya bukan untuk liburan, setidaknya Kamu sudah mengunjungi banyak tempat danan yang paling penting, gratis.

2. Bertemu Banyak Orang

Alasan memilih menjadi wartawan selanjutnya adalah karena Kamu juga akan bertemu banyak orang. Mulai dari tokoh-tokoh politik terkenal, artis, influencer, hingga orang-orang biasa namun dengan kisah hidup yang mengagumkan.

3. Memiliki Wawasan Yang Luas

Karena keseharian Kamu adalah bertemu banyak orang dan mengunjungi berbagai tempat, maka otomatis wawasan Kamu juga akan semakin luas. Wartawan memang dituntut untuk itu. Apalagi jika Kamu memegang suatu tema liputan, maka mau tidak mau Kamu harus belajar tentang tema yang Kamu pegang itu agar hasil liputan lebih mendalam

4. Profesi Yang Dinamis

Wartawan merupakan jenis profesi yang dinamis. Kamu tidak akan hanya duduk diam di kantor selama berjam-jam, kecuali Kamu adalah wartawan online. Kamu akan ditugaskan untuk liputan berita keluar kantor. Jadi tidak ada istilah bosan karena Cuma duduk seharian di kantor.

5. Berkarya Melalui Tulisan

Memilih profesi sebagai wartawan juga akan mampu menghasilkan karya, yaitu berupa tulisan jurnalistik. Tulisan yang Kamu buat ini akan menjadi potret sejarah keadaan negara saat ini.

6. Kritis

Menjadi wartawan juga akan mengasah daya kritis mu sehingga Kamu tidak akan mudah percaya dengan kesaksian informasi suatu peristiwa. Kamu bisa memilah sumber-sumber yang kompeten sehingga berita bohong atau palsu bisa dihindari.

7. Diundang Di Perjamuan Makan

Media seringkali diundang dalam konferensi pers. Selesai konferensi pers, biasanya wartawan akan diajak makan bersama. Lumayan kan, bisa makan enak dengan gratis.

8. Mengedukasi Masyarakat

Alasan memilih menjadi wartawan yang selanjutnya adalah karena Kamu juga turut andil dalam mengedukasi masyarakat melalui tulisan-tulisan yang Kamu hasilkan.

9. Menyuarakan Kebenaran

Wartawan merupakan jenis profesi yang mulia karena tugasnya adalah menyuarakan kebenaran. Kebenaran merupakan nilai yang harus dipegang teguh oleh insan media. Wartawan tidak boleh tunduk pada kekuasaan.

10. Pilar Keempat

Banyak yang menganggap media merupakan pilar keempat dalam demokrasi. Media merupakan gatekeeper atas kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Semua itu berawal dari para wartawan yang tidak berhenti mencari berita dan menyuarakan kebenaran.

Nah, itulah 10 alasan memilih menjadi wartawan sebagai karir yang tepat. Dengan tugas dan tanggung jawab sepenting itu, Kamu seharusnya bangga menjadi salah satu bagian dari pilar keempat dalam demokrasi.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *