Alasan Memilih Menjadi Karyawan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Menjadi Karyawan Sebagai Pilihan Yang Tepat

Setelah lulus kuliah terkadang Kamu galau memilih antara lanjut kuliah, menjadi wirausaha, atau menjadi karyawan di perusahaan besar. Namun, kebanyakan fresh graduate memilih bekerja di perusahaan untuk menambah pengalaman bekerja. Selain itu, gaji yang ditawarkan perusahaan bisa dikatakan memang cukup besar. Persoalan gaji merupakan salah satu alasan memilih menjadi karyawan bagi para fresh graduate. Tidak hanya itu, terdapat beberapa alasan lainnya yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Penghasilan Yang Lebih Pasti

Menjadi pengusaha atau wirausaha memang akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau Kamu tidak mendapatkan salary yang diharapkan karena mengalami kerugian. Kamu bisa memilih jalan yang lebih aman dengan menjadi karyawan profesional yang digaji setiap bulan oleh perusahaan, tentunya dengan penghasilan yang lebih pasti.

2. Belajar Dari Yang Lebih Berpengalaman

Membuka usaha memang tidak ada salahnya, namun ada baiknya kalau Kamu mengambil pelajaran dan pengalaman terlebih dahulu dari karyawan senior. Menjadi karyawan merupakan salah satu jalan mendapatkan pengalaman dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dalam dunia kerja.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Kerja Kantoran Bagi Kamu Yang Masih Bingung

3. Jam Kerja Yang Lebih Jelas

Di Indonesia, jam kerja karyawan yaitu 40 jam per minggu. Apabila lebih dari itu, maka Kamu akan mendapatkan uang lembur. Dalam hal ini, bekerja menjadi karyawan memiliki jam kerja yang lebih jelas, bahkan kalau menambah jam kerja bisa mendapatkan bayaran.

4. Lebih Banyak Peluang Karir Yang Tersedia

Perusahaan memberikan jenjang karir kepada seluruh karyawan yang kompeten dan berprestasi. Menyelesaikan serangkaian pekerjaan dalam waktu yang lebih cepat dapat membantumu mendapatkan peluang karir dengan gaji yang lebih besar. Biasanya Kamu akan mendapatkan kesempatan tersebut setelah bekerja selama 2-3 tahun.

5. Membangun Jejaring Untuk Karir Masa Depan

Selama menjadi karyawan Kamu akan bertemu dengan berbagai orang penting. Dimulai dari eksekutif senior, pimpinan perusahaan lain, bahkan elit-elit pemerintah. Melalui pengalaman ini, Kamu berpeluang membangun jejaring untuk karir masa depan. Membangun jejaring merupakan salah satu alasan memilih menjadi karyawan untuk sebagian orang yang ingin membuka usaha di masa yang akan datang.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Kerja Kantoran Bagi Kamu Yang Masih Bingung

6. Akan Dibutuhkan Perusahaan Kecil

Perusahaan-perusahaan kecil biasanya akan membutuhkan karyawan berpengalaman yang pernah bekerja di perusahaan besar. Dalam hal ini, Kamu memiliki kesempatan menjadi pimpinan di perusahaan tersebut dan menyimpan beberapa persen saham.

7. Membuat Keahlian Pribadi Jauh Lebih Berkembang

Meski seringkali harus berhadapan dengan pekerjaan yang sulit di perusahaan ternama, tetapi pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh akan sangat bernilai untuk karir Kamu suatu saat nanti. Dalam hal ini, secara tidak langsung Kamu sedang mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki. Maka, semakin hari kemampuan Kamu akan semakin berkembang.

8. Meraup Banyak Pengalaman Berharga

Sejumlah karyawan yang baru bekerja 1-2 tahun di perusahaan besar mengaku telah banyak meraup pengalaman berharga. Karyawan-karyawan tersebut telah bekerja dengan pejabat senior, profesional, dan teknologi yang canggih dalam menyelesaikan tugas dan kewajibannya. Pengalaman tersebut nyaris tidak akan didapatkan kalau Kamu menolak bekerja sebagai karyawan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Kerja Kantoran Bagi Kamu Yang Masih Bingung

9. Memperoleh Banyak Pendidikan

Banyak perusahaan yang menawarkan program rotasi agar karyawan dapat merasakan berbagai macam pekerjaan. Untuk dapat merasakan program ini, Kamu harus bekerja pada perusahaan besar dan ternama. Dengan mengikuti program tersebut, secara tidak langsung Kamu telah memperoleh banyak pendidikan dan pengalaman.

10. Memperoleh Berbagai Pelatihan

Ada beberapa perusahaan yang menyediakan berbagai pelatihan bagi karyawan baru. Akan tetapi, untuk mengikuti pelatihan tersebut Kamu harus bekerja pada perusahaan yang berskala besar. Tujuan diadakannya pelatihan yakni untuk mengasah kemampuan para karyawan sebelum ditempatkan pada meja kerja.

Nah, demikianlah alasan memilih menjadi karyawan sebagai pilihan yang tepat untuk profesi pertama setelah lulus kuliah. Dengan menjadi karyawan, Kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman dan peningkatan kualitas diri untuk pengembangan karir selanjutnya di masa yang akan datang.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *