Alasan Memilih Kuliah Di Padang

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Kuliah Di Padang Bagi Yang Masih Bimbang

Kota Padang sejak dari zaman kolonial Belanda telah menjadi pusat pendidikan di Sumatera Barat. Tercatat pada tahun 1864, jumlah pelajar yang terdaftar di sekolah sebanyak 237 orang. Kota Padang memiliki puluhan perguruan tinggi, sepuluh diantaranya berbentuk universitas. Unand menjadi universitas pertama di Sumatera yang mendapatkan peringkat A untuk akreditasi perguruan tinggi, itulah salah satu alasan memilih kuliah di Padang bagi sebagian orang. Adapun alasan-alasan lainnya akan diuraikan di bawah ini.

1. Gedung Bergaya Minang Namun Modern

Gedung di salah satu universitas di Padang memiliki arsitektur yang unik. Bangunannya merupakan kombinasi dari model atap tradisional Minangkabau (tanduk kerbau) dan struktur yang bergaya modern.

2. Universitas Pertama Di Sumatera

Ide mendirikan sebuah universitas mulai muncul di benak para tokoh cendekia Padang sebelum abad ke-20. Setelah mengalami proses yang panjang dan rumit akhirnya Universitas Andalas diresmikan Drs. Moh. Hatta pada tahun 1956 yang saat itu menjabat sebagai wakil presiden.

3. Fakultas Peternakan Pertama Di Indonesia

Pada tanggal 9 Oktober 1963, Unand membuka Fakultas Peternakan. Fakultas ini merupakan yang pertama didirikan di Indonesia.

4. Cikal Bakal Universitas Negeri Padang

Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan didirikan pada tahun 1961. Fakultas ini kemudian berkembang menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Fakultas inilah yang kini kita kenal dengan nama Universitas Negeri Padang.

5. Menjadi Institusi Pengelolaan Keuangan

Pada tahun 2009 Unand ditetapkan sebagai institusi pengelola keuangan Badan Layanan Umum dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 501/KMK.05/2009, pada 17 Desember 2009. Dipilihnya kampus ini menjadi hal menarik tentang perhatian dan kepercayaan pemerintah kepada Unand. Alasan memilih kuliah di Padang salah satunya ialah hal tersebut.

6. Cikal Bakal Beberapa Politeknik

Pada tahun 2013, Unand melepas Politeknik (Teknologi) Unand menjadi Politeknik Negeri Padang dan Politani Unand menjadi Politani Negeri Payakumbuh.

7. Satu Pohon Untuk Tiap Mahasiswa

Pada tahun 2014, berdasarkan pidato rektor Unand, bagi mahasiswa baru dianjurkan untuk membawa sebatang bibit pohon untuk ditanam di kampus agar Unand semakin hijau. Hal tersebut cukup menarik karena rektor tidak hanya membangun karakter mahasiswa berjiwa ilmiah, namun juga membangun karakter cinta lingkungan.

8. Inkubator Bisnis Terbaik

Pada tanggal 16 Juni 2014, Universitas Andalas meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi pelaksana inkubator bisnis terbaik di Indonesia.

9. Mahasiswa Baru Wajib Periksa Gigi

Untuk mendapatkan gambaran kesehatan gigi mulut dan database mahasiswa Universitas Andalas, maka pihak universitas menggelar pemeriksaan gigi.

10. Almamater Ketua KPU RI

Orang nomor satu Komisi Pemilihan Umum RI, Husni Kamil Manik, S.P turut serta menjadi wisudawan pada Wisuda Periode II 2014 Universitas Andalas pada Sabtu, 31 Mei 2014.

Nah, demikianlah beberapa alasan memilih kuliah di Padang bagi yang masih bimbang. Alumni dan mahasiswa Universitas Andalas menjadi salah satu representasi bahwa kuliah di universitas Padang pun mampu bersaing di dunia global.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *