Alasan Memilih Jurusan Pelayaran

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Pelayaran Bagi Yang Bingung Mau Pilih Apa

Menentukan jurusan di jenjang Sekolah Menengah Atas memang gampang-gampang susah. Sebabnya, ada banyak hal yang harus masuk dalam pertimbangan, mulai dari mata pelajaran yang harus diikuti, prospek kerja yang diinginkan, hingga gaji yang diminati. Nah salah satu jurusan di Sekolah Menengah yang bisa Kamu pilih adalah pelayaran. Yuk, simak 10 alasan memilih jurusan pelayaran yang wajib Kamu ketahui di ulasan berikut ini.

1. Membangun Perekonomian Bangsa

Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang luas. Selain itu, perairan di Indonesia ini juga sangat kaya sehingga banyak ikan yang bisa dijaring. Nah salah satu alasan kenapa Kamu harus masuk pelayaran adalah Kamu bisa ikut membantu membangun perekonomian bangsa. Pasalnya dengan bekerja sebagai polisi laut misalnya, Kamu bisa turut menjaga laut Indonesia dan melindungi para pencari ikan di batas Indonesia.

Baca Juga:  Mengenal Mata Pelajaran Pelayaran Di SMK Sebagai Referensi

2. Banyak Keahlian

Banyak keahlian yang akan Kamu miliki ketika belajar di pelayaran. Tidak hanya seputar laut dan cara berlayar saja, Kamu juga akan diberi keahlian seputar pelabuhan, logistik maritim, hingga infrastruktur laut.

3. Memberi Rasa Bangga

Bekerja sebagai ahli transportasi laut juga memberi kebanggaan tersendiri. Apalagi di negara yang 2/3 bagiannya adalah lautan ini, transportasi menggunakan jalur air sangat padat. Tidak hanya mengangkut manusia saja, mereka juga mengangkut logistik ke berbagai daerah di Indonesia. Untuk itu, Kamu harus bangga.

4. Memberi Pengalaman Luas

Tidak hanya bangga saja, Kamu juga akan mendapat pengalaman yang luas ketika belajar maupun bekerja di bidang pelayaran. Pengalaman ini bisa Kamu dapat dari banyak hal, mulai dari wawasan yang diberikan dalam kelas, praktek di lapangan, hingga fakta-fakta dunia kemaritiman.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Pelayaran Dan Gajinya

5. Menjadi Satu Bagian dari Sumber Daya Potensial Indonesia

Seperti yang sudah dikatakan, perairan menjadi satu bagian dari kekayaan Indonesia. Oleh karena itu, dengan bergabung di bidang pelayaran, maka Kamu termasuk dalam salah satu bagian dari sumber daya potensial yang dimiliki bangsa ini.

6. Gaji Menarik

Salah satu alasan memilih jurusan pelayaran adalah Kamu mendapat gaji yang menarik. Tentunya, gaji tinggi seiring karir yang cemerlang menjadi satu dari sekian hal yang bisa Kamu dapatkan di jurusan satu ini.

7. Banyak Perusahaan / Instansi yang Bisa Dimasuki

Dengan mendapat sertifikasi di bidang pelayaran, ada banyak perusahaan / instansi yang bisa Kamu masuki. Pasalnya, ilmu pelayaran sangat bisa diterapkan di berbagai bidang, mulai dari industri perikanan, bidang logistik, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Mengenal Mata Pelajaran Pelayaran Di SMK Sebagai Referensi

8. Bisa Jadi PNS

Tentunya, menjadi PNS adalah harapan sebagian besar orang. Nah, bagi Kamu yang lulusan pelayaran, Kamu bisa lho mendaftar sebagai seorang PNS melalui instansi-instansi milik pemerintah yang membuka lowongan hampir setiap tahunnya.

9. Bisa Jadi Tenaga Pendidik

Kamu yang lulusan pelayaran juga bisa menjadi guru. Entah itu guru di SMK atau guru di tempat kursus, Kamu bisa menggunakan ilmu ini untuk mengajar.

10. Berguna Untuk Berwirausaha

Terakhir, ilmu dalam pelayaran bisa Kamu gunakan untuk berwirausaha lho. Untuk itu, Kamu tidak perlu khawatir karena ilmu ini bisa untuk hampir segala bidang.

Demikian 10 alasan memilih jurusan pelayaran. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *